Pelatihan Penelitian

Masih dalam rangka persiapan menuju Forester in Action 2019, HIMABA Kabinet Rafflesia telah menggelar “Pelatihan Penelitian” pada 22 Desember 2018 di Laboratorium Silvikultur Intensif. Terdapat 2 topik yang secara garis besar disampaikan oleh pemateri kami.

Pematerian yang pertama disampaikan oleh Dr.Ir. Dwi T. Adriyana, M.P. berkaitan dengan metode penelitian pengambilan data di lapangan. Beliau menyampaikan mengenai langkah-langkah dalam pemilihan jenis metode yang sebaiknya digunakan, khususnya pada hutan alam pegunungan. Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan pengambilan data adalah:
1. Tujuan penelitian
2. Lokasi dan topografi (harus mengenali medan dan akses)
3. Obyek (habitus dan tingkatan pertumbuhan vegetasi)
4. Ketersediaan waktu
5. Biaya
6. Jumlah personal
7. Pemahaman metode pengambilan data
8. Ketersediaan data sekunder
9. Ketersediaan alat dan bahan

Beliau juga menyampaikan sedikit materi mengenai bagaimana prosedur pengolahan data yang tepat setelah pengamatan di lapangan usai dilakukan, sehingga mampu menghasilkan output yang memuaskan.

Pematerian dilanjutkan dengan topik mengenai “Pembuatan Herbarium” yang disampaikan oleh Akbar Zhafran Adriansyah, Co.Ass Praktikum Fitogeografi Pohon sekaligus anggota HIMABA 2018. Ilmu mengenai pembuatan herbarium sangat krusial untuk dipahami sebab berkaitan erat dengan usaha identifikasi vegetasi yang akan dilakukan saat penelitian FIA berlangsung.

Materi ini meliputi pengambilan spesimen di lapangan, pembuatan koleksi kering dan basah dan pemberian etiket gantung atau identitias herbarium. Selain itu, Akbar juga menyampaikan cara yang tepat dalam pengambilan foto spesimen di lapangan sehingga dapat memudahkan kita dalam kegiatan identifikasi.

Diharapkan kedua topik ini mampu memudahkan para anggota HIMABA dan peserta penelitian pada umumnya saat melakukan pengambilan data di jalur pendakian Gunung Kembang, Wonosobo.

Kami akan hadir kembali dengan berita terbaru mengenai persiapan Forester in Action, so stay tune!

#SILVIKULTUR
#HIMABA
#ForesterinAction

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.