KEGIATAN PENANAMAN BERSAMA MASYARAKAT DI PANTAI MLIWIS, KEBUMEN

Forester in Action (FIA) merupakan salah satu program kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan (HIMABA). Rangkaian kegiatan Forester in Action #4 ini terdiri dari penanaman, penelitian, dan seminar hasil. Kegiatan penanaman dilaksanakan pada hari Sabtu (10/4/2021) dengan lokasi di Pantai Mliwis, Desa Kenoyojayan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Selain penanaman, terdapat kegiatan lain yaitu sarasehan dan sosialisasi bersama masyarakat setempat.

Sarasehan dan sosialisasi merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan sebelum kegiatan penanaman. Kegiatan ini adalah wujud pendekatan mahasiswa kepada masyarakat dan diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjalin hubungan baik yang bersifat berkelanjutan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (9/4/2021) di rumah salah satu perangkat desa. Kegiatan tersebut dihadiri oleh masyarakat, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), perangkat desa, dan mahasiswa dengan total peserta sebanyak 25 orang. Selain itu, turut hadir juga dosen Fakultas Kehutanan UGM yaitu Ir. Sri Danarto M. Agr, Sc., Ir. W. W. Winarni, M. P., dan Dr. Dra. Winastuti Dwi Atmanto, M. P. Kehadiran dosen-dosen tersebut adalah sebagai pembimbing dan pengisi materi dalam sarasehan dan sosialisasi.

Gambar 1. Kegiatan Sarasehan dengan Masyarakat Desa Kenoyojayan

Penanaman pada kawasan pantai menjadi salah satu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan hidup khususnya di sektor kehutanan. Kegiatan ini dihadiri oleh 70 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM, dosen pembimbing lapangan, tamu undangan, dan masyarakat desa setempat. Total bibit yang ditanam sebanyak 2.440 bibit dengan rincian 1.800 bibit cemara belitung, 300 bibit cemara udang, 300 bibit jambu biji, 10 bibit meranti, 10 bibit nangka, dan 20 bibit kecrutan. Dalam mempersiapkan penanaman, tentunya mahasiswa juga dibantu oleh masyarakat setempat untuk pembuatan ajir, pembuatan lubang tanam, pengadaan pupuk, dan pengangkutan bibit. Untuk selanjutnya juga akan dilakukan kegiatan monitoring secara berkala untuk mengetahui persentase hidup dari bibit yang telah ditanam.

Gambar 2. Kegiatan Penanaman di Pantai Mliwis, Desa Kenoyojayan, Ambal, Kebumen

“Harapan besar kami adalah masyarakat dan mahasiswa mempunyai rasa memiliki terhadap bibit yang telah ditanam. Selain itu, diharapkan dapat saling membantu untuk merawat sekaligus menjaga bibit tersebut yang kelak akan menjadi saksi kejayaan masyarakat pesisir Desa Kenoyojayan”, kata Aisyah Nur Bayti, Kepala Komisi Keilmuan HIMABA Fakultas Kehutanan UGM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.