Serangan (Hyblaea puera) yang Merugikan

Telah kita ketahui, bahwa salah satu serangga yang dianggap sebagai hama ialah ulat. Hal ini karena ulat biasa menyerang tanaman terkhusus daunnya, serta memiliki siklus hidup singkat sehingga menyebabkan perkembangbiakannya sangat pesat. Akibat dari serangan ulat tersebut, banyak pohon yang terganggu proses fisiologis, khususnya fotosintesis karena banyak dedaunan rusak setelah dimakan ulat.

Salah satu ulat yang banyak ditemui ialah ulat Hyblaea puera. Ulat Hyblaea puera Cr. adalah serangga yang memakan daun Jati hingga habis (Husaeni, 1997). Serangan ulat jenis ini terjadi saat pergantian musim kemarau ke musim penghujan. Ulat Hyblaea puera Cr. akan memakan daun jati hingga menyisakan tulang daun primernya saja. Ulat ini juga ditemukan pada daun jati yang menggulung. Berdasarkan hasil penelitian Umarela dan Karepseina (2011), menyebutkan bahwa ulat Hyblaea puera Cr akan memakan seluruh jaringan daun, dari bagian yang lunak hingga menyisakan urat dan tulang daunnya saja.

Serangan ulat jenis Hyblaea puera dapat ditanggulangi dengan memilih bibit Jati unggul yang lebih resisten terhadap hama dan penyakit, serta dilakukan monitoring secara berkala, sehingga ulat dapat diatasi sebelum serangan menjadi parah. Tindakan mekanis pengendalian ulat ini dapat dilakukan dengan memotong daun yang terserang, sehingga serangan tidak akan merambat ke bagian pohon yang lain maupun ke pohon lain. Selain itu, cara kimiawi dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida. Namun penggunaan pestisida harus digarisbawahi mengingat rentan merusak ekosistem apabila dosis dan jenis pestisida yang digunakan tidak sesuai.

Sumber gambar: https://apps.lucidcentral.org/ppp/text/web_full/entities/teak_defoliator_435.htm

 

Daftar Pustaka

Huseini. 1997. Ilmu Hama Hutan. Bogor : IPB Press.

Umarela, U dan Karepesina, S. 2011. Inventarisasi Hama Pada Areal Tanaman Jati Di Desa Liang Kecamatan Salahutu. Jurnal Bimafika, 2(2): 235-238.

Oleh: Megah Tauchid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.