50 Orang Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM Melakukan Penanaman Pohon Bersama Masyarakat Di Kelurahan Wadaslintang

 

Hari Minggu (3 Maret 2019), 50 mahasiswa Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan UGM melakukan kegiatan penanaman pohon di kawasan wisata kembang langit, Kelurahan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Penanaman tersebut dilakukan di wilayah kerja Perum Perhutani KPH Kedu Selatan dengan total luasan area penanaman 1,5 hektar. Kegiatan penanaman ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam program Forester in Action #2. Penanaman ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi diri mahasiswa dalam mengembangkan semangat pengabdian langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan ini turut serta melibatkan petani hutan/pesanggem Lembaga Masyarakat Desa Hutan Sumber Manis. Total bibit yang ditanam berjumlah 2.500 bibit. Jenis tanaman yang ditanam terdiri dari tanaman pokok Pinus (Pinus merkusii) dan tanaman MPTS berupa pohon Nangka, Sirsak, Alpukat, dan Jambu Biji.

Menurut Yosia Damar S. A. (ketua panitia kegiatan penanaman) kegiatan ini mengusung satu konsep besar, yaitu kegiatan penanaman yang berkelanjutan dengan skema kerja sama yang memosisikan masyarakat sebagai aktor utama dalam kegiatan penanaman. Tanaman MPTS dipilih karena dengan jenis tanaman ini masyarakat dapat langsung menikmati hasilnya setelah panen. Konsep berkelanjutan yang diharapkan adalah untuk dilakukannya monitoring rutin terpadu untuk memastikan keberhasilan kegiatan penanaman dan perawatan tanaman. Dalam agenda monitoring ini, kegiatan perawatan dalam bentuk pemupukan dan penyulaman menjadi salah satu kunci dalam menjamin keberhasilan penanaman. Yosia menambahkan bahwa masyarakat lah yang kemudian akan memegang peran penting dalam menjamin keberhasilan penanaman. Selain itu, dengan menjadikan masyarakat sebagai aktor utama di sini juga menjamin keamanan tanaman pokok Pinus dan areal penanaman. Harapannya, keberhasilan penanaman ini dapat menjadi percontohan bahwa masyarakat mampu mengelola hutan secara lestari dan berkelanjutan melalui penjaminan keamanan tanaman pokok dan pemasukan ekonomi dari hasil panen tanaman MPTS.

Kegiatan Penanaman Forester in Action #2 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh mahasiswa Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan UGM. Luaran dari didapatkan dari kegiatan ini secara berkelanjutan akan dipetakan dalam satu Peta Pelaksanaan Penanaman Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM. Program ini menjadi satu bukti bahwa mahasiswa pun selain memiliki kapasitas di bidang akademik juga mampu menjadi fasilitator masyarakat dalam membangun kesejahteraan ekonomi melalui pembangunan kawasan hutan. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.