Mengenal Flora Gunung Kembang, Astronia spectabilis

Salah satu gunung yang memiliki hutan lindung dan hutannya masih tergolong hutan alam adalah Gunung Kembang, Desa Blembem, Kaliurip, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Kembang memiliki letak astronomis 7°14’47.71″S dan 109°53’48.78″T dengan ketinggian 2340 mdpl, terletak di sebelah barat Gunung Sindoro, dan berdekatan dengan Dataran Tinggi Dieng.

Penelitian  dalam rangka Forester in Action, Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman vegetasi dan struktur jenis pohon yang ada di jalur pendakian Gunung. Penelitian dilakukan pada tanggal 24 hingga 25 Januari 2019 di jalur pendakian Gunung Kembang via Blembem, Kretek, Wonosobo. Penelitian dilakukan mulai dari gerbang 290 hingga pos III akar. Kondisi hutan di sekitas jalur pendakian via Blembem adalah hutan alam dengan suhu dingin sehingga dapat dijumpai banyak epifit dan anggrek. Pengamatan keanekaragaman vegetasi dan struktur jenis dilakukan dari gerbang 290 hingga pos III, dengan 16 titik petak ukur.

Astronia spectabilis Blume  merupakan salah satu spesies yang dapat ditemui di sekitar jalur pendakian Gunung Kembang via Blembem. Spesies ini merupakan anggota dari famili Melastomaceae  yang berbentuk pohon. Spesies ini adalah satu dari flora pegunungan yang dapat dijumpai di hutan Jawa.  Menurut (Plant Use, 2016) Pohon ini merupakan pohon Asli dari Asia Tenggara. pohon A. Spectabilis tersebar di Jawa, Sulawesi, dan di Selat Sunda. Nama lokal dari pohon ini yaitu Ampet , gembirung  (Jawa) , ki calungcung (Sunda) .

Menurut Stennis (2005) dalam bukunya menyebutkan ciri ciri dari Astronia spectabilis yaitu mempunyai tinggi 10-30 m, dengan diameter hingga 1,5m. Daun panjangn8-25 cm dengan lebar 4-11 cm, permukaan bawah berisik cokelat  lebat. Kelopak panjang 5-7 mm, tidak berusuk dan tidak mencerut di bawah ujung, nyata bercuping 5 bersisik cokelat lebat. Mahkota berwarna putihb, panjang 6-7 mm. Tangkai sari 4mm. Buah berdiameter kurang dari 1cm. Perikarp melayu meninggalkan pembuluh  endokarp dan eksokarp bberupa cawan yang terdiri atas serat tegak mengelilingi banyak sekali biji tegak setipis jarum yang dikemas seperti korek api dalam sebuah kotak bundar

Untuk saat ini belum diketahui usaha dan peluang pemanfaatan Astronia spectabilis Blume. Tapi, yang pasti pohon ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan jasa lingkungan, bukan begitu sobat himaba?. Yuk kenali dan sayangi pohon disekitarmu. Salam

 

Oleh Jihan Raudya Tuzzahra dan Lina Dwi Lestari

 

Daftar pustaka

Stenis, van., 2005. Flora Pegunungan Jawa. LIPI BP

Plant Use.,2016. Astronia spectabilis PROSEA.English

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.