Schefflera actinophylla si Pohon Gurita

Schefflera actinophylla adalah pohon dalam famili Araliaceae. Pohon asli hutan hujan tropis dan beberapa jenis hutan di Australia (Queensland bagian timur dan Wilayah Utara), Papua dan Jawa. Nama-nama umum yang terkenal dari pohon ini yaitu pohon payung Australia, pohon payung Queensland, pohon gurita dan amate.S. actinophylla adalah pohon hijau sepanjang tahun yang tumbuh setinggi 15 m . Biasanya berbatang banyak, dan berbunga di pucuk pohon. yang ada di  Sering tumbuh sebagai hemiepiphyte pada pohon hutan hujan lainnya. [2] Ini menghasilkan racemes hingga 2 m (6,5 kaki) panjang yang mengandung hingga 1.000 bunga merah kecil kusam. Berbunga dimulai pada awal musim panas dan biasanya berlanjut selama beberapa bulan.Produksi bunga yang dapat mencapai  1.000 menghasilkan nektar dalam jumlah besar dan menarik burung pemakan madu yang menjadi polinator. Buah-buahan dimakan oleh banyak burung dan hewan termasuk musang tikus-kanguru, pademelon berkaki merah dan rubah terbang berkacamata. Daunnya adalah makanan favorit kanguru pohon Bennett di Queensland.Schefflera actinophylla umumnya ditanam di daerah beriklim sedang hingga hangat sebagai pohon hias dalam kondisi perdu.

Saat dewasa, ia memiliki duri bunga berwarna merah cerah dengan hingga 20 ras yang berkembang di musim panas atau awal musim gugur. Perbanyakannya dengan biji atau stek.  Tanaman ini bersifat agresif dan akarnya dapat mendominasi tanah di sekitarnya. Di beberapa daerah (mis., Florida dan Hawaii, AS) dan menjadi itu gulma invasif dan menanam tanaman ini sangat tidak disarankan. Menariknya, kerabat dari S. actinophylla yaitu S. rugosa bersama Trevesia burckii pernah dijadikan simbol persahabatan antara Indonesia dan Republik Federasi Rusia yang ditanam di Kebun Raya Bogor pada 6 Mei 2010 dalam rangka perayaan 60 tahun hubungan diplomasi antar kedua negara. Kegiatan ini juga menjadi komitmen Indonesia dan Rusia untuk bekerja sama melestarikan lingkungan terutama hutan.

 

Penulis : Ryan Prihantoro

 

Sumber :

Revolvy.com https://www.revolvy.com/page/Schefflera-actinophylla

Tempo.com.2010. Tapak Hantu dan Pohon Gurita Simbol Persahabatan Indonesia Rusia. https://tekno.tempo.co/read/246148/tapak-hantu-dan-pohon-gurita-simbol-persahabatan-indonesia-rusia

https://www.revolvy.com/page/Schefflera-actinophylla

 

Sumber gambar :

https://keyserver.lucidcentral.org/weeds/data/media/Html/schefflera_actinophylla.htm

https://keyserver.lucidcentral.org/weeds/data/media/Images/schefflera_actinophylla/scheffleraactinophylla9.jpg

One thought to “Schefflera actinophylla si Pohon Gurita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.